Kamis, 04 Februari 2010

Solusi Jitu Mengatasi Demam


Bila suhu badan seseorang mencapai lebih dari 37,8 derajat celcius, maka seseorang disebut dikatakan ’Demam’. Demam merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi atau masuknya zat asing ke dalam tubuh.
Bagaimana Mengatasi demam?
1. Banyak minum air putih atau minuman berelektrolit untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi).

2. Kompres dengan air hangat
kenapa? karena salah satu bagian otak kita (hipotalamus) terdapat pusat pengatur suhu (termoregulator). Jika suhu tubuh meningkat, pusat pengatur suhu ini berusaha menurunkannya begitu juga sebaliknya. Bila tubuh demam dikompres dengan air dingin atau es, maka tubuh menjadi lebih demam saat kompres dihentikan. Hal ini disebabkan karena saat penderita demam dikompres dengan air dingin atau es, pusat pengtur suhu menerima sinyal bahwa suhu di sekitarnya sedang dingin dan tubuh harus segera dihangatkan (kontra dengan yang diharapkan). Lain halnya jika dikompres dengan air hangat, pusat suhu akan menerima informasi bahwa suhu disekitarnya sedang hangat dan akan segera diturunkan, inilah efek yang diharapkan.
3. Minum obat penurun panas jika suhu tubuh mencapai 38 - 40 derajat. Berbagai obat penurun panas yang tersedia dipasaran antara lain; Parasetamol atau ibuprofen.
4. Memakai pakaian yang longgar/tipis agar panas dapat keluar
Sumber : Obor Berkat Indonesia
Gambar : http://www.thecamreport.com/images/Cold.gif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar