Jumat, 02 Oktober 2009

Ternyata Vegetarian Solusi Jitu Menghentikan Pemanasan Global !


Ingin tahu mengapa sampai seorang yang ‘Vegetarian’ telah banyak membantu dalam mengurangi dampak dari pemanasan global yang ada di muka bumi ini? Hal ini saya ketahui setelah saya membaca beberapa artikel yang membahas mengenai ‘Pemanasan Global’ dan saya temukan jawaban yang tepat dari semua jawaban terbesar dalam penyebab utama pemanasan global. Ternyata penghasil utama emisi gas berbahaya yang mengancam kehidupan planet kita saat ini bukanlah mobil, sepeda motor, ataupun truk dan bus dengan polusinya yang menjengkelkan Anda. Tetapi emisi berbahaya itu datang dari sesuatu yang nampak sederhana, tidak berdaya, dan nampak lezat di meja makan Anda. Yaitu daging! Dan darimana daging-daging yang kita dapatkan? Jawabannya Peternakan telah menjadi tempat dimana penghasil emisi terbesar dalam menimbulkan efek pemanasan global.

Berikut beberapa poin yang mendukung, bagaimana sektor peternakan menjadi penyumbang emisi terbesar, penyebab pemanasan global :
1. Pemeliharaan hewan ternak memerlukan energi listrik untuk lampu-lampu dan peralatan pendukung peternakan, mulai dari penghangat ruangan, mesin pemotong, dll. Salah satu inefisiensi listrik terbesar adalah dari mesin-mesin pendingin untuk penyimpanan daging.
2. Transportasi yang digunakan, baik untuk mengangkut ternak, makanan ternak, sampai dengan elemen pendukung peternakan lainnya (obat-obatan dll) menghasilkan emisi karbon yang signifikan.
3. Peternakan menyedot begitu banyak sumber daya pendukung lainnya, mulai dari pakan ternak hingga obat-obatan dan hormon untuk mempercepat pertumbuhan
4. Peternakan membutuhkan lahan yang tidak sedikit.
5. Hewan-hewan ternak seperti sapi adalah polutan metana yang signifikan.
6. Limbah berupa kotoran ternak mengandung senyawa NO (Nitrogen Oksida) yang notabene 300 kali lebih berbahaya dibandingkan CO2.

Jadi Bagaimana? Setelah Anda membaca ulasan di atas, Apakah Anda dapat beralih mengurangi jatah ‘Daging’ di sajian makan siang dan malam Anda? Bahkan menghentikan penyajian ‘Daging’ di meja makan Anda?, saya pernah melihat sebuah situs Video yang menayangkan bagaimana banyak sekali ‘ayam-ayam yang dipotong’ untuk menjadi makanan cepat saji, mengerikan! Apalagi isu flu burung masing lekat di kepala kita yang telah banyak merenggut korban, So start from now for the best future…


Gambar : eddyz.info/blog/tag/vegetarian-dan-global-warming


Tidak ada komentar:

Posting Komentar