Minggu, 27 September 2009

Gunakan Masker Tatkala Kabut Asap Melanda




Tanggal 26 September 2009, pukul 20.00 WIB di Palembang, melewati jalanan yang penuh kabut asap tebal, mata terasa pedih, dan kabut asap begitu menganggu pernapasan sehingga saya menggunakan sapu tangan yang saya jadikan masker untuk mengurangi bau kabut asap yang menganggu pernapasan. Mengapa hal demikian dapat terjadi, ditambah dengan kondisi cuaca beberapa hari ini yang begitu terik sehingga membuat orang-orang menjadi begitu gerah dengan keadaan ini. Dikutip dari Kompas (Minggu, 27 Sepetember 2009), Menurut Sekretaris UPTD Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Sumsel Ahmad Taufik, asap yang menyelimuti Palembang merupakan asap kiriman dari kebakaran lahan gambut di Kabupaten Ogan Komering Ilir.



Untuk itu maka penggunaan masker sangat diperlukan untuk mengurangi efek buruk terhadap kesehatan terutama yang berhubungan dengan saluran pernapasan. Dilaporkan oleh Media Indonesia (Kamis, 13 Agustus 2009), bagaimana angka kejadian pengidap ISPA di Pekanbaru naik tajam setelah Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru memonitor melalui 19 puskesmas dan 13 puskesmas pembantu di kota itu. Sepanjang Mei, di Pekanbaru tercatat ada 999 pasien ISPA, sedangkan pada Juni melonjak menjadi 3.167. Pada Juli angkanya naik lagi jadi 3.767 pasien, dan hingga masuk pada minggu kedua Agustus pasien akibat kabut asap tercatat 2.161 orang. Penyakit ISPA yang disebabkan oleh kabut asap yang melanda Kota Pekanbaru terbagi dua, yaitu ISPA pnemoni dan ISPA non pnemoni. Selain itu, kabut asap juga bisa menyebabkan asma, mual, muntah-muntah, pusing, gangguan kulit seperti bintik-bintik, kulit bersisik, dan diare. Sedangkan yang rentan akibat kabut asap adalah ibu hamil, balita dan usia lanjut di atas 55 tahun. Namun, hingga saat ini belum ada korban jiwa yang ditimbulkan kabut asap di Kota Pekanbaru.
ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernafasan Akut, istilah ini diadaptasi dari istilah dalam bahasa Inggris Acute Respiratory Infections (ARI). Penyakit infeksi akut yang menyerang salah satu bagian dan atau lebih dari saluran nafas mulai dari hidung (saluran atas) hingga alveoli (saluran bawah) termasuk jaringan adneksanya seperti sinus, rongga telinga tengah dan pleura. Penyakit ISPA merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak, karena sistem pertahanan tubuh anak masih rendah. Kejadian psenyakit batuk pilek pada balita di Indonesia diperkirakan 3 sampai 6 kali per tahun, yang berarti seorang balita rata-rata mendapat serangan batuk pilek sebanyak 3 sampai 6 kali setahun (Prabu, 2009).

Foto By : jurnalhaji.antara.co.id/foto/4/1250164255






Tidak ada komentar:

Posting Komentar